Pengajuan Visa Korea Selatan [1]


Mengurus visa korea selatan sendiri? Ribet nggak? Baca dulu :p    

Untuk lebih lengkapnya mampir ke aristyak.com

      Di sini gue posting bagaimana mengurus visa korea selatan sendiri . Awalnya sih cuma baca-baca diblog orang gimana cara bikinnya dan kayaknya bakalan ribet, setelah dijalanin ternyata enggak serumit yang dikira cuma dokumennya aja yang agak banyak dan banyak-banyak bersabar aja.
       Syarat -syarat pengajuan visa korea selatan apa sih? Banyak! Korsel ga mau nerima orang buat jadi gembel disana (backpaker ga termasuk gembel , cuma ngirit :p) jadi segala keperluan disana harus ditulis dengan jelas lewat dokumen dan bukti finansial juga harus jelas.

        Dokumen yang gue ajukan ini menurut refrensi dari google , setelah browsing sana-sini nyari referensi dan jadilah gue ngumpulin dokumen kaya gini. Secara resmi dari kedutaan korea persyaratannya bisa dilihat  disini , tapi untuk dibawah ini sesuasi yang gue kumpulin kemarin-kemarin. Check this out

Untuk biaya pembuatan visa :
  • Single Visa (Visa kunjungan dibawah 90 hari) : Rp. 480.000,- 
  • Single Visa (Visa kunjungan diatas 90 hari) :  Rp. 720.000,-
  • Multiple Visa (Berlaku untuk 3 tahun) : Rp. 1.080.000,-
  • Double Visa (2 kali masuk dan Berlaku untuk 6 bulan) : Rp. 840.000,-
Pengajuan Aplikasi Visa, Senin – Jumat kecuali Libur : 09.00 – 12.00
Pengambilan Visa, Senin – Jumat, kecuali Libur : 14.00 – 16.00
Lama Proses Pembuatan Visa: 5 Hari Kerja (Proses bisa lebih dari 5 hari kerja jika dokumen dianggap belum lengkap dan interview jika dibutuhkan)

Alamat:
Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 57 Jakarta Selatan 12950

1. Formulir Visa
     Ini wajib hukumnya , kalo ga ngisi form mau gimana applynya. Form bisa di donlot disini . Untuk Formulir bisa donlot atau minta dikedutaan korea langsung . Kalo gue sih mending donlot dulu , terus baca halaman ke 2 untuk petunjuk pengisian. Siapin foto 3x4 atau 4x6 berwarna background warna putih.

2. Passport Asli dan fotokopi   
       Masa berlaku passport sebaiknya yang expiry date nya lebih dari 6 bulan , kalo kurang dari 6 bulan mending di perpanjang dulu. Fotokopi biodata yang ada di passport halaman depan dan halaman belakang plus kunjungan ke negara-negara lain(kalo ada). Kalo gue baru ada stempel dari singapore aja.

3. Fotocopy KTP , Akta Kelahiran, Kartu Keluarga

4.Surat Referensi Bank
     Minta sama Customer Service bank untuk dibuatkan surat referensi bank untuk pengajuan visa , biasanya orang bank udah langsung ngerti kok. Surat referensi ini bertujuan buat kalo lu beneran punya rekening disitu dan rekeningnya nggak freeze. Gue kebetulan pake bank BCA , minta surat referensinya harus dicabang waktu tempat buka udah pernah nyoba ke cabang deket kantor dan disuruh buat minta ke cabang tempat buka rekening. Biayanya untuk BCA 50rb , ga tau kalo bank lain mungkin beda-beda. Prosesnya sekita 2-3 hari kerja.

5. Mutasi Rekening 3 Bulan Terakhir
    Mutasi rekening bisa minta sama customer service atau langsung liat rekening koran di internet banking. Untuk tabungan pasti pada bingung harus ada berapa duit tabungan yang harus disimpen. Ini yang bikin orang makin galau buat ngajuin visa kesini. Awalnya gue juga sempat galau gara-gara banyak yang bilang harus ngendap banyak tabungannya. Jadi ga harus ngendap banyak-banyak kayak orang travel bilang , harus 50jt bla bla bla . Yang penting duit tabungan cukup buat hidup disana.

6. Surat keterangan kerja
      Untuk yang sudah bekerja bisa minta surat sponsor kepada perusahaan dalam bahasa inggris. Surat ini tujuannya menjamin kalo kita hanya liburan disana dan bakalan balik lagi ke Indonesia (gk nyari kerja disana).

7. Slip Gaji 3 bulan terakhir

8. Fotocopy SPT Pajak Tahunan

9. Bukti tiket pesawat

10. Bukti booking penginapan

11. Fotocopy ID card kantor , NPWP

12. ItineraryPerjalanan
      Agar lebih meyakinkan kedutaan korea kalau kita punya jadwal yang jelas disana. Itinerary nya bisa mengarang aja , disertai perkiraan tempat jam dan biaya.

Selama proses pengajuan visa , passport asli ditahan oleh kedutaan korea sampai proses selesai. Nantinya pada paspor ditempel stiker visa untuk korea selatan.

Next disini


2 comments:

  1. hallo.... blog nya membantu sekali nih, kebetulan sabtu ini saya mau masukin document untuk apply visa ke korea, tapi pake tour sih. hehehehe.... cuma lagi galau untuk urusan SPT nya nih, masalahnya SPT tahunan yang aku lampirin itu dari kantor yg lama, dan kebetulan aku baru pindah ke anak perusahaannya yang lain.... lebih baik SPT nya dilampirkan atau ga usah yah ? soalnya nama perusahaannya khan beda gitu... dan form SPT yang dimaksud itu SPT 1721-A1 bukan yah ? terima kasih sebelumnya... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru lihat commentnya, mending di lampirin aja sih . Buat bukti kalau punya penghasilan daritahun lalu

      Delete