Pengajuan Visa Korea Selatan [2]

         Senin 7 April 2014 pagi hari (tumben udah bangun) menembus macetnya jakarta di hari senin halah buat ngurus visa di kedutaan korea selatan yang ada di jalan Gatot Subroto. Sebelum ngurus gue ngambil dulu surat referensi bank buat ngelengkapin dokumen yang dibutuhin. Seneng sih pagi-pagi dapet ucapan selamat pagi dari CS bca gubrak. Di bca gue ga lama-lama , soalnya beberapa kali bolak-balik kesono nanti dikiranya modus. Sehabis dari bca lansung berangkat ke kedutaan korea selatan yang ada di gatot subroto.

Untuk lebih lengkapnya mampir ke aristyak.com

    
        Jadi disana ada 2 gedung , kalo mau apply visa masuk ke gedung yang sebelahnya bukan di gedung kedutaan , bisa nanya satpam aja kalo bingung (satpamnya ramah-ramah). Abis parkir motor , jalan ke ujung tempat apply visa ada di ujung belakang. Masuk ke tempat apply visa , ada satpam yang ngasi nomor urut. Ada dua jenis antrian , antrian single sama antrian buat travel.
nomer antrian 20
         Untuk apply visa buka jam 9.00 - 12.00 dan waktu gw sampe sana udah banyak yang ngantri padahal gue datang jam 9.10. Untuk prosesnya cepet sih 10-15 menit kalo yang dokumennya lengkap kalo kurang ini itu ya lama. Paling kesel tuh kalo ada antrian dari travel, dia bawa banyak form segabrek -.-.
loket pendaftaran visa
        Ada 3 loket yang buka waktu itu, untuk yang ujung loket untuk warga korea yang berkunjung ke indonesia. Suasana disana uda berasa kaya di korea selatan sotoy , kadang ada orang korea seliweran kesana kemari , bentuk bangunannya, taman belakangnya bagus ada tulisan koreanya dan ruang tunggu pun tontonannya tv korea.
hiburan di ruang tunggu
        Setelah nunggu akhirnya nomor antrian 20 dipanggil juga sekitar jam 9.45 , dan gue maju ke loket. Sempet takut sih , kalo-kalo ada dokumen yang kurang atau ketinggalan. Petugas loketnya nyapa dengan ramah ,dan gaul orangnya lol. Orang indo tapi gayanya ke korea-korean gitu deh. Kemudian diminta dokumen-dokumennya, nunggu kurang dari 10 menit udah kelar dan dikasih bukti kwitansi. Kaget juga, cepat ternyata proses mengurusnya tinggal nunggu sesuai tanggal yang tertera di kwitansi. Pada kwitansinya ditulis selasi tanggal 15 April 2014, berarti kurang lebih 6 hari kerja.

        Seminggu itu rasanya lama banget , apalagi kalo nungguin sesuatu yang ga pasti #eaa. Awalnya sempet bingung gara-gara disuruh konfirmasi dulu lewat telepon sebelum ngambil visa, tapi pas ditelpon ga di angkat-angkat sama pihak kedutaan. Besoknya tanggal 16 April nekat langsung berangakat ke kedutaan korea tanpa konfirmasi lewat telpon dulu. Sekitar jam 3 sore gue sampe sana dan kondisi yang udah lumayan rame. Jam pengambilan visa itu jam 14.00 - 16.00. Waktu masuk ke ruangan langsung serahin bukti kwitansi ke petugas. Nunggu 10-15 menitan eh ternyata langsung dipanggil, alhamdulillah banget soalnya masih banyak orang yang ngantri sebelum gue tapi masih belum dapet visanya. Mungkin gara-gara ngambilnya H+1 jadi visa udah disiapin dan masih banyak yang ngantri waktu itu.

visa gueeee :D
            Visa udah jadi tinggal nunggu berangkat ke korea aja hehehe.Untuk pembuatan visa korea selatan dokumen-dokumen yang diperlukan bisa dilihat disini.

No comments:

Post a Comment