Perbandingan Ukuran Sensor di Kamera Mirrorless


Kini, hampir semua produsen kamera sudah melahirkan jagoan di lini mirrorless. Berbagai keunggulan didapat dari kamera ini, salah satunya adalah sensor yang lebih besar dibandingkan kamera compact pada umumnya.

Namun bagaimana jika ukuran sensor yang dimiliki sesama kamera mirrorless dibandingkan? Digital Camera memberikan grafik yang mungkin bisa membantu calon konsumen yang ingin memilih kamera kategori ini. Berikut adalah perbandingan besar sensor pada kamera mirroless :


Dari grafik yang disajikan, bisa dilihat bahwa seri NEX milik Sony memakai sensor yang lebih besar dibandingkan milik Pentax, Nikon, Olympus dan Panasonic.

Tak hanya Sony, sejumlah brand lain yang juga turut menyematkan sensor besar APS-C di mirrorless cameranya ialah Samsung dengan seri NX, kemudian ada Fujifillm X-Pro1, X-E1, Canon EOS M, Pentax K-01 dan Ricoh GXR.

Adapun saat berbicara mengenai ukuran sensor, mengacu pada data yang diberikan, Leica unggul di faktor ini dengan sensor full frame di seri M9, M9-P, M-E dan M Monochrom.

Digital Camera Database yang dilansir PetaPixel menekankan bahwa grafik yang disajikannya ini hanya mencover format sensor pada umumnya yang dipakai kamera mirrorless.

Kamera yang mengusung sistem mirrorless memang memiliki keunggulan sendiri jika dibanding kamera compact atau kamera DSLR. Selain memiliki sensor yang lebih besar dibanding compact camera, bodinya pun tidak sebesar kamera 'serius' DSLR. Tak hanya itu, kamera ini juga menawarkan lensa yang bisa diganti-ganti.

No comments:

Post a Comment