Micro Four Thrids


Olympus & Panasonic M43 lensanya saling kompatibel satu sama lain (fungsi AF jalan semua), aksesoris flash TTL Oly & Pana juga bisa saling pinjam tanpa adanya masalah kompatibilitas.Saat ini yang menggunak micro four thrids panasonic & olympus.

1. Apa itu standard kamera M43 (Micro Four Third) ?
Ini adalah standard untuk semua kamera mirrorless yg menggunakan sensor ukuran 4/3 (crop factor 2x) yg secara ukuran lebih kecil drpd APSC (crop factor 1.6x), namun kinerja sensor ini terbukti bisa setara/mengalahkan sensor APSC yg ukurannya lebih besar yg digunakan pada kamera DSLR (Canon/Nikon) maupun kamera Mirrorless (Sony NEX).


2. Apa keunggulan kamera mirrorless m43 dibanding mirrorless APSC seperti Sony NEX?
 
Keunggulan kamera mirrorless sendiri dibanding DSLR adalah dimungkinkannya body yg lebih kecil dgn dihilangkannya prisma kaca.

Namun pada mirrorles APSC (misal Sony NEX), ukuran sensor yg besar membuat ukuran fisik lensa juga harus lebih besar utk bisa menghasilkan kualitas foto yg bagus. Akibatnya secara fisik total ukuran body+lensa jadi besar seperti DSLR. Jadi meskipun Sony NEX bodynya kecil, namun ketika dipasang lensa yg umumnya berukuran besar, sudah tidak bisa masuk kantong jaket lagi. Sedangkan pada kamera mirrorles m43, penggunaan lensa-lensa ukuran kecil (pancake) sekalipun sudah bisa menghasilkan kualitas yg bagus.



3. Apa saja kamera-kamera yg populer di standard M43?
 
 - Panasonic GF3 (harga body only sekitar 4juta)
lumix mirrorless camera


Ini adalah penerus dari GF2 yg masih menggunakan sensor 12MP seperti halnya Olympus EP3. Oleh karena itu ISO performancenya jauh dibawah Panasonic GX1 yg sensornya lebih baru. Kekurangan fatal dari GF3 adalah dihilangkannya hotshoe, selain dari sensornya yg masih lawas (noise tinggi di ISO tinggi). Banyak orang mengira bahwa GF2 & GF3 adalah penerus GF1. Padahal spek GF2 & GF3 justru dibawah GF1. Penerus GF1 adalah GX1.


- Panasonic GX1 (harga body only sekitar 6juta)

lumix mirrorless camera

GX1 adalah penerus dari GF1 yg sudah menggunakan sensor 16MP generasi baru yg kualitasnya hampir mendekati sensor 16MP yg ada di Olympus OMD-EM5. Oleh karena itu ISO performancenya jauh lebih unggul daripada Olympus EP3 dan Panasonic GF3. GX1 dibekali hotshoe & built-in flash, namun keunikan dari built-in flashnya bisa di bounce ke atas. Ini fitur yg sangat langka & sulit ditemukan di kamera lain. Selain itu layar GX1 sudah support touch screen & touch focus. Fitur yg sangat menarik dari GX1 adalah Pin Point Focus yang membuat fokus sangat presisi & cepat, sehingga kemungkinan missfocus sangat kecil
Built quality GX1 sangat bagus, dengan body metal dan bagian plastik yg memiliki textur kulit jeruk seperty body kamera Nikon. Dibandingkan Olympus EP3 yg continuous shotnya cuma 3 fps, Panasonic GX1 mampu melakukan continuous shot lebih tinggi (4fps), yg berarti bahkan lebih cepat dibandingkan DSLR Canon 600D (3.5fps). Keunggulan lain GX1 dibanding Olympus EP3 adalah dalam hal movie recording. Fitur image stabilizer (optical) masih berfungsi pada mode movie recording, sedangkan pada Olympus seri PEN image stabilizer sensor shift hanya berfungsi di mode foto saja (movie mode menggunakan digital IS) Secara harga, GX1 cukup menarik karena kinerjanya hampir mendekati Olympus OMD E-M5, namun harganya cuma setengahnya. Bila dibandingkan DSLR, kualitas hasil foto juga sekelas Canon 60D yg harganya masih lebih mahal. (harga GX1 setara Canon 600D)


- Panasonic EPL1 (harga body only sekitar 3 juta)

olympus mirrorless camera

Sama seperti Panasonic GF1, Olympus EPL1 juga merupakan kamera M43 legendaris, dan sampai sekarang cukup jadi buruan di FJB karena ini termasuk kamera M43 termurah yg cocok buat pemula yg ingin mulai menjajaki standard M43.EPL1 memiliki built-in flash yg justru tidak ada pada penerusnya yaitu EPL3 (EPL3 menggunakan clip on flash), dan juga tidak ada pada EP1 & EP2Secara spek EPL1 memang kalah dalam banyak hal dibanding Panasonic GF1 namun harganya juga lebih murah. Kelemahan EPL1 adalah max shutter speed yg cuma sampai 1/2000, AF yg lebih lambat dibanding GF1, dan tidak adanya AF assist light.

- Panasonic EPL3 / PEN Lite (harga body only sekitar 4juta)

olympus mirrorless camera


EPL3 adalah versi murah dari EP3, sensornya sama, yaitu sensor lawas 12MP yg bukan tandingan sensor baru 16MP pada Panasonic GX1. Layar EPL3 sudah jenis tilt-screen (EP3 malah tidak bisa tilt screen), tapi sayangnya tidak touch screen. EPL3 tidak memiliki built-in flash, tapi berupa clip on saja. Bagi yg mengupgrade dari EPL1 ke EPL3 akan merasakan peningkatan kecepatan AF, resolusi layar yg lebih baik & tilt screen, continuous shot yg lebih tinggi, shutter speed yg lebih tinggi, meskipun kehilangan built-in flash.

handstag
mirrorless harga murah , mirrorles harga terjangkau , mirrorles compact , kamera bagus
mirrorless dengan slr , kamera murah , kamera semipro , apa itu mirrorless, mirrorless system
kamera digital murah, slr 3 jutaan , slr 4 jutaan
 source : www.kaskus.co.id



No comments:

Post a Comment